Home » Macam-Macam Gaya Dan Contohnya

Macam-Macam Gaya Dan Contohnya

macam+macam+gaya
Macam-Macam Gaya

Macam-Macam Gaya Dan Contohnya – Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan suatu benda mengalami perubahan gerak, serta memiliki arah dan besaran tertentu. Gaya memiliki beberapa jenis. Pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja macam-macam gaya dan contohnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya terdapat beebrapa jenis gaya tanpa kita sadari. Contoh gaya tarikan yaitu menutup pintu, mengibarkan bendera ketika upacara, dan tarik tambang. Sedangkan contoh gaya dorong seperti mendorong kursi, membuka jendela, dan mendorong gerobak.

Pada dasarnya, gaya dibagi menjadi dua macam, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi akibat dari sentuhan antara sumber gaya dan objeknya. Contohnya yaitu gaya otot dan gaya gesek. Sedangkan gaya tak sentuh adalah jenis gaya yang terjadi tanpa sentuhan antara sumber gaya dan objeknya. Contohnya gaya gravitasi dan gaya magnet.

Macam-Macam Gaya Dan Contohnya

Berikut merupakan penjelasan mengenai macam-macam gaya dan contohnya masing-masing.

1. Gaya Otot

Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh tenaga otot manusia, sehingga terjadi tarikan atau dorongan. Salah satu contoh gaya otot adalah ketika seseorang mengangkat sebuah benda (kursi, meja, dll) dengan menggunakan tangan.

2. Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi akibat dari gesekan antara dua benda pada sisi permukaan datar. Gaya gesek ini dapat memperlambat gerak suatu benda dan ada yang mengahasilkan suara. Salah satu contoh gaya gesek di kehidupan sehari-hari yaitu ketika kita mengerem sepeda, sehingga sepeda tersebut dapat berhenti.

Baca Lainnya :   Cara Menggambar Buah-Buahan Di Keranjang

3. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh sebuah magnet, sehingga menghasilkan tarikan atau dorangan dari magnet itu sendiri. Contoh dari gaya magnet yaitu ketika kita mendekatkan besi ke sebuah magnet, maka akan terjadi tarikan yang mengakibatkan besi menempel pada magnet tersebut. Contoh lainnya yaitu ketika kita mendekatkan kutub-kutub magnet yang searah, maka magnet akan saling mendorong satu sama lain.

4. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang terjadi akibat dari pengaruh gravitasi bumi. Gaya gravitasi ini mengakibatkan semua benda yang memiliki masa akan jatuh ke bumi. Salah satu contoh dari gaya gravitasi adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonya.

5. Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang diakibatkan oleh sebuah pegas. Gaya pegas ini dapat memberi tekanan dan mempercepat gerakan suatu benda. Salah satu contoh dari gaya pegas yaitu ketika anak panah dilepaskan dari busurnya.

6. Gaya Listrik

Gaya listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh daya listrik. Diantara contoh gaya listrik dalam kehidupan sehari-hati yaitu ketika kita menyalakan lampu atau menghidupkan sebuah perangkat elektronik.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Pengaruh gaya pada sebuah benda dapat menyebabkan pergerakan atau berubah arah dan bentuknya. Jika suatu benda tidak bergerak (diam) atau tidak berubah, berarti pada benda tersebut tidak terjadi sebuah gaya. Dan diantara pengaruh gaya pada suatu benda antara lain :

Baca Lainnya :   Pengertian Energi Dan Contoh Perubahan Energi

1. Gaya Mempengaruhi Gerak Benda

Gaya yang terjadi pada sebuah benda akan mengakibatkan bermacam-macam perubahan. Salah satunya yaitu mempengaruhi pergerakan suatu benda. Hal tersebut dapat kita lihat dari beberapa contoh berikut ini:

Benda yang awalnya diam menjadi bergerak karena yerjadi gaya. Contohnya yaitu ketika kita menendang bola. Bola uang awalnya diam jika ditendang maka akan bergerak menjauh.

Benda yang bergerak menjadi diam. Contohnya yaitu ketika kita sedang mengayuh sepeda, jika kita menekan remnya, maka sepeda yang awalnya bergerakk menjadi terhenti (diam).

2. Gaya Dapat Mengubah Arah

Akibat pengaruh gaya, maka sebuah benda yang bergerak dapat berubah arahnya. Contohnya yaitu ketika kita sedang naik sepeda dan belok pada tikungan jalan. Maka arah sepeda tersebut akan berubah karena adanya gaya.

3. Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda

Gaya juga dapat mengubah bentuk benda. Salah satu contohnya yaitu ketika kita memanaskan besi untuk membuat pahat, maka setelah besi dipanaskan dan dipukul akan berubah menjadi pahat.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam gaya dan contohnya, serta pengaruh gaya terhadap sebuah benda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top